Metal Slug adalah rangkaian permainan arkade asal Jepang oleh Nazca Corporation sebelum bergabung dengan SNK pada tahun 1996.

Awalnya, Metal Slug dibuat untuk konsol Neo-Geo (MVS) dan Neo-Geo (AES). Permainan aslinya telah ditingkatkan untuk versi mobile dan konsol lain selama bertahun-tahun. Berbagai perangkat lain juga memiliki beberapa permainan Metal Slug untuk dimainkan.

Game Metal Slug: Awakening yang sudah dirilis di Indonesia beberapa bulan lalu terus mendapatkan update sehingga game ini tidak hanya menawarkan nostalgia tapi juga gameplay seru dan dan berbeda.

Terbaru, update yang baru dirilis kali ini membawa sejumlah peningkatan di gameplay dan fitur yang sudah ada. Pada mode gameplay ‘Uji Tanpa Batas’ emain diberikan kesempatan untuk menghadapi boss dalam tantangan mingguan.

Sebagai contoh, jika minggu ini tantangannya adalah melawan boss Mech Maniac, pemain dapat menyesuaikan tingkat kesulitan melalui affix yang tersedia. Namun, semakin banyak affix kesulitan yang ditambahkan, semakin kuat pula musuh yang akan dihadap

Sebelum memulai pertarungan, pemain juga dapat melihat rekomendasi AP untuk menilai kemampuan mereka. Tidak hanya seru tapi juga tersedia hadiah menarik yang bisa didapatkan yaitu hadiah Achievement dan Rank.

Pada hadiah Achievement, pemain akan mendapatkan hadiah berdasarkan kesulitan yang telah diselesaikan, seperti kesulitan 1, 2, dan 3. Selain itu, ada pula hadiah poin yang jumlahnya tergantung pada affix kesulitan yang dipilih.

Hadiah Rank diperoleh dengan semakin tinggi affix kesulitan yang dipilih, semakin tinggi pula Rank yang bisa didapatkan oleh pemain.

Update terbaru di Metal Slug: Awakening juga menghadirkan profesi yang bisa dipilih sebagai bonus tambahan untuk skuad pemain. Kamu cukup 0 sapphire, pemain dapat reset dan memilih profesi yang paling sesuai dengan squak yang dimiliki.

Fitur lain yang tidak kalah penting dari update terbaru ini adalah Weapon Awakening System yaitu meningkatkan kemampuan senjata.

Sistem Awaken memberikan banyak keuntungan bagi pemain. Senjata yang telah di-awaken tidak hanya memiliki tampilan yang lebih keren, tetapi juga mendapatkan peningkatan stats dan buff.

Bagaimana cara melakukan Awaken senjata?
Kumpulkan Fragment Awakening dari berbagai Event yang tersedia.Setelah mendapatkan Blueprint, pemain dapat langsung mengakses fitur “Awakening” pada senjata yang dimiliki.

Setiap senjata yang telah di-awaken akan mendapatkan berbagai peningkatan, mulai dari stats, firepower, tampilan, hingga buff unik. Fragment Awakening dapat diperoleh dari berbagai Event dalam game atau melalui Toko dengan menukarkannya dengan Permintaan Jin.

Game Studios resmi meluncurkan game Metal Slug Awakening di Android dan iOS pada Selasa (22/8/2023). Game ini sudah bisa diunduh (download) dan dimainkan mulai pukul 09.00 WIB. Nah, untuk memainkan game waralaba (franchise) buatan SNK Corporation ini dengan lancar, pemain tampaknya membutuhkan perangkat Android dan iOS yang cukup mumpuni.

Dalam laman daftar pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ), VNG Game Studios mengatakan bahwa pengguna ponsel Android minimal harus memiliki HP dengan RAM 3 GB untuk memainkan Metal Slug Awakening tanpa hambatan. VNG Game Studios tidak mengungkap berapa RAM iPhone yang dibutuhkan untuk memainkan game terbarunya itu. Namun yang jelas, mereka menyarankan pengguna untuk memiliki iPhone dengan sistem operasi (OS) iOS 10 atau yang lebih baru.

Server Sudah Dibuka Beralih ke ukuran file, di Android, Metal Slug Awakening memiliki ukuran file sekitar 2 GB, sedangkan di iOS ukurannya lebih besar yaitu sekitar 3 GB. Terkait ukuran file ini, VNG Game Studios menyarankan pengguna menyiapkan setidaknya sisa ruang penyimpanan (storage) sebesar 10 GB. Kapasitas kosong storage ini akan digunakan untuk mengekstrak file-file game ketika selesai diunduh untuk pertama kalinya.  Selengkapnya, simak spesifikasi main Metal Slug Awakening di HP Android dan iOS supaya pengguna bisa memainkan game ini dengan lancar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari VNGGames.com,

Spesifikasi rekomendasi main Metal Slug Awakening di ponsel iOS (iPhone) Model iPhone: iPhone 6s ke atas Versi iOS: iOS 10 ke atas Storage: sisa ruang penyimpanan minimal 10 GB Spesifikasi minimum main Metal Slug Awakening di ponsel Android Chipset: Qualcomm 439/MediaTek MT6765/Kirin 655, atau lebih tinggi RAM: 3 GB ke atas OS: Android 6.0 ke atas Storage: sisa ruang penyimpanan minimal 10 GB Spesifikasi minimum main Metal Slug Awakening di ponsel Android Chipset:

Qualcomm 778G/MediaTek Dimensity 1000 Plus/Kirin 990, atau lebih tinggi. RAM: 3 GB ke atas OS: Android 8.0 ke atas Storage: sisa ruang penyimpanan minimal 10 GB Tentang Metal Slug Awakening Lihat Foto Ilustrasi pemilihan karakter Metal Slug Awakening.(KOMPAS.com/Bill Clinten) Secara gameplay, Metal Slug Awakening masih mengusung metode bermain klasik ala Metal Slug, yaitu side-scrolling. Dengan ini, pemain hanya akan bisa mengontrol karakter ke kiri, kanan, atas, dan bawah.

Secara alur cerita, Metal Slug Awakening tampaknya diadaptasi dari salah satu game Metal Slug yang dirilis di Neo Geo pada 1999 dan di PS1 pada 2001 lalu, yaitu Metal Slug X. Artinya, pemain akan disuguhkan dengan suasana peperangan di tengah gurun pasir untuk misi pertama mereka. Baca juga: Tencent Umumkan Game Metal Slug Code J untuk Android dan iOS Sama seperti Metal Slug X pula, Metal Slug Awakening mengizinkan pemain memilih satu dari empat karakter yang tersedia. Nama-nama karakter tersebut sama seperti game orisinalnya, yaitu Marco Rossi, Eri Kasamoto, Tarma Roving, dan Fio Germi.

Setelah memilih karakter, pemain lantas akan melaju ke depan (ke kanan) untuk membasmi musuh yang menghadang, menyelamatkan para sandera, serta mendapatkan beragam senjata dan kekuatan untuk mempermudah jalannya permainan. Mereka juga bisa menaiki sejumlah kendaraan ikonik yang ada di game Metal Slug seperti tank “Metal Slug”, pengebor tanah “Drill Slug”, robot “Heavy Mecha”, hewan “Sonic Alpaca”, mobil “Metal Express”, hingga unta “SV-Camel”.

Baca Juga: https://steelruleanddie.com/daftar-5-game-android-terbaik-di-tahun-2024-mendatang/